Cara Membuat Table Di MySQL

Pada tutorial MySQL kali ini, kita akan belajar tentang Cara Membuat Table Di MySQL. Untuk membuat sebuah table, Anda dapat menggunakan perintah CREATE TABLE.

Sintak Dasar



Di bawah ini adalah sintak dasar dari perintah CREATE TABLE di MySQL:

CREATE TABLE table_name(
   column_name1 data_type [NOT NULL] [AUTO INCREMENT],
   column_name2 data_type [NOT NULL],
   column_name3 data_type [NOT NULL],
   ...
   column_nameN data_type [NOT NULL],
   PRIMARY KEY(one or more column)
);

Penjelasan sintak:

  • table_name adalah nama table yang akan Anda buat. Setiap table di dalam database harus unik, tidak boleh ada yang sama.
  • column_name1column_name2column_name3, dan seterusnya adalah nama kolom yang akan ditambahkan ke dalam table dimana data akan disimpan. Setiap kolom harus unik dalam satu table.
  • data_type adalah tipe data yang disematkan pada kolom. Tipe data menentukan data yang boleh dimasukkan ke dalam kolom yang bersangkutan. Untuk lebih jelasnya, silakan Anda baca lebih lanjut tutorial tentang Mengenal Tipe Data Di MySQL.
  • NOT NULL adalah salah satu jenis constraint yang dapat Anda berikan pada sebuah kolom. Constraint ini bersifat opsional, kalau ditambahkan berarti kolom yang bersangkutan tidak boleh kosong (null).
  • AUTO INCREMENT adalah salah satu opsi tambahan, apabila kolom yang bersangkutan akan dijadikan sebagai sequence, yaitu data yang akan dimasukkan otomatis bertambah satu. Apabila Anda menambahkan auto increment, berarti kolom Anda harus memiliki tipe data integer.
  • PRIMARY KEY adalah salah satu jenis constraint, dimana kolom yang bersangkutan akan dijadikan sebagai kunci primer di sebuah table. Tujuannya adalah untuk menjaga integritas data.

Contoh



Sebagai contoh, coba Anda buatlah sebuah table dengan nama "employee" pada database "hris", dengan menjalankan script berikut ini:

mysql> CREATE TABLE employee(
    ->    employee_id VARCHAR(5) NOT NULL PRIMARY KEY,
    ->    employee_name VARCHAR(20) NOT NULL,
    ->    gender CHAR(1) NOT NULL,
    ->    address VARCHAR(20),
    ->    salary NUMERIC,
    ->    departemen VARCHAR(5) NOT NULL
    -> );
Query OK, 0 rows affected (0.38 sec)


Apabila keluar pesan "Query OK", berarti Anda telah sukses membuat table "employee".

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »